Skip to main content
Penyebab Munculnya Genangan Air Pada Pandangan

Penyebab Munculnya Genangan Air Pada Pandangan

Pernahkah Anda merasakan saat menatap cahaya yang terang terkadang kita akan melihat seperti genangan atau butiran air? Bayangan seperti genangan air tersebut adalah eye floaters.

Eye floaters merupakan titik-titik atau seperti debu-debu kecil yang terkadang Anda lihat di lapangan pandang Anda. Floaters akan terlihat lebih jelas saat berada di bawah sinar matahari, lampu yang terang. Floaters merupakan kondisi mata hal yang normal dari proses penuaan. Tapi juga bisa menjadi suatu kondisi yang serius jika bersamaan dengan adanya semacam kilatan cahaya pada pandangan Anda. 

Proses penuaan yang menyebabkan terjadi bila cairan vitreous mengalami degenerasi. Kondisi floaters perlu diwaspadai saat muncul bersama dengan adanya kilatan cahaya. Hal ini dapat menyebabkan perdarahan di mata dan dapat menyebabkan kebutaan. Segeralah Anda berkonsultasi dengan dokter mata bila tiba-tiba Anda melihat floaters dan kilatan cahaya dalam jumlah yang banyak. 

Tidak ada cara untuk mencegah floaters yang disebabkan oleh proses penuaan. Floaters biasanya akan hilang dengan sendirinya. Untuk memastikan tidak ada penyebab lain atau kelainan pada mata Anda, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis mata untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

RS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA memiliki dokter spesialis mata yang ditunjang dengan alat pemeriksaan dan tenaga medis yang ahli dibidangnya. Berbagai rangkaian pemeriksaan mata dapat dilakukan di rumah sakit di Solo ini diantaranya yaitu USG mata dan fanduskopi. Informasi pelayananan pemeriksaan mata selengkapnya hubungi (0271) 714578.