Skip to main content
Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Mudah Lelah

Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Mudah Lelah

Sampai saat ini, pandemi Covid-19 sudah hampir 2 tahun ini. Hal ini juga berimbas pada jalannya belajar mengajar di sekolah. Terhitung hingga hari ini masih banyak sekolah yang memilih untuk melaksanakan sekolah secara daring. Akibatnya, anak-anak lebih sering menatap layar gadget. Kondisi ini dapat berakibat buruk pada kesehatan mata, salah satunya mata kering, mudah lelah dan dapat menyebabkan kelainan mata.

Bagaimana ya cara menjaga kesehatan mata saat sekolah daring?

  1. Atur jarak pandang penggunaan gadget

Menatap layar hp, laptop atau computer dapat menyebabkan mata lelah. Karena, saat menatap layar gadget mata kan menyesuaikan dengan objek yang sangat dekat ditambah durasi yang digunakan juga lama. Maka otot pada mata akan mengalami kontraksi sehingga menyebabkan kelelahan pada mata. Untuk menghindari mata lelah, Anda perlu mengatur jarak saat menggunakan gadget.

  1. Menggunakan gadget dengan layar lebar

Layar handphone tidak dianjurkan digunakan dalam durasi lama. Karena, memiliki ukuran yang kecil, sehingga dapat menyebabkan otot mata lebih berkontraksi.

  1. Gunakan aturan 20 – 20 – 20

Aturan 20 – 20 – 20 sangat efektif untuk mencegah kelelahan pada mata. Maksud dari aturan 20 – 20 – 20 yaitu: Selama dua puluh menit melihat layar kemudian dilanjut istirahat selama dua puluh detik dengan melihat sejauh dua puluh kaki.

  1. Mengatur frekuensi kedipan

Saat melihat layar gadget, frekuensi kedipan mata akan berkurang. Hal in dapat menyebabkan meningkatnya evaporasi air mata hingga mata menjadi kering. Jadi usahakan untuk beristirahat dengan mengedipkan mata sesekali.

  1. Atur gadget/computer

Mengatur cahaya gadget sangat perlu dilakukan. Aturlah cahaya gadget dengan menggunakan mode malam dan sesuaikan kecerahannya sesuai dengan cahaya ruangan. Sehingga mata menjadi nyaman dan tidak mudah lelah.

Kesehatan mata perlu dijaga karena masih digunakan dalam jangka panjang. Lakukan pemeriksaan rutin meskipun tidak ada keluhan. Rumah Sakit PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA memiliki berbagai pemeriksaan kesehatan mata seperti usg mata, tes ketajaman mata dan tes lapang pandang mata. Pemeriksaan mata rumah sakit di Solo ini ditunjang dengan alat yang sangat canggih dan tenaga medis yang ahli dibidangnya.

Informasi Pelayanan dapat menghubungi:
Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta.
Whatsapp: 0812-1107-6282
Unit Informasi: 0271-714578 ext 123